Standar Kompetensi : Mengaplikasikan Keterampilan Dasar
Komunikasi
Kompetensi Dasar : Mngidentifikasi Proses Komunikasi
Indikator Pembelajaran: Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu
1. Menjelaskan arti Komunikasi dan lambang Komunikasi
2. Menjelaskan proses komunikasi
3. Menjelaskan unsur-unsur komunikasi
4. Menjelaskan
komunikasi bisnis di tempat kerja
4. Menjelaskan
komunikasi bisnis di tempat kerja
BAB 1
MENGIDENTIFIKASI PROSES KOMUNIKASI
A. Pengertian Komunikasi dan Lambang Komunikasi
1.
Pengertian Komunikasi
Manusia termasuk makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri atau
makhluk yang selalu bermasyarakat. Sebagai makhluk social, manusia selalu
melakukan hubungan kerja sama, belajar, berjualan, melihat, olahraga dan lain
sebagainya. Setiap melakukan aktivitas tersebut manusia tentu berkomunikasi.
Jadi, manusia selalu melakukan komunikasi dalam setiap aktivitasnya.
Apa yang dimaksud komunikasi itu sendiri? Asal kata dari bahasa latin, communicatio
yaitu sama makna. Maksudnya, komunikasi terjadi jika antara orang-orang yang
terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yang disampaikan
1) Menurut
KBBI:
a)
Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita
antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat
dipahami;hubungan;kontak
b)
perhubungan
2) Prof.
Drs. Onong Uchjana, M.A, adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang
kepada orang lain untuk memberi tahu atau untuk mengubah sikap, pendapat atau
perilaku, baik langsung secara lisan maupun tak langsung melalui media
3) Wiliam
C. Himstreet dan Wayne M. Batty (dalam buku Bussines Commnunications Principles
and Method), adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu-individu
melalui sistem biasa, baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku
atau tindakan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Komunikasi ialah
suatu proses pengiriman pesan atau symbol-symbol yang mengandung arti dari dari
seorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu. Jadi, dalam
komunikasi itu terdapat di dalamnya suatu proses, terdapat symbol-symbol, dan
symbol itu mengandung arti. Arti atau makna symbol di sini tentu saja
tergantung pada pemahaman dan persepsi komunikan. Oleh karena itu, komunikasi
efektif akan tercapai apabila masing-masing pelaku yang terlibat didalamnya
mempunyai persepsi yang sama terhadap symbol apabila terdapat perbedaan
persepsi maka tujuan komunikasi tidak akan tercapai.
Komunikasi memegang peranan yang sangat penting
dalam keberhasilan penjualan atau bisnis.
Komunikasi
bisnis dibagi menjadi dua macam:
a. Komunikasi
verbal
Adalah salah satu cara berkomunikasi yang
disampaikan kepada orang lain dalam bentuk tulisan dan lisan. Contoh:
1) Mendengarkan:
radio, televisi, orang berbicara langsung
2) Berbicara:
berdiskusi, berbincang-bincang dengan orang tua, berpidato
3) Membaca:
buku, majalah, surat kabar
4) Menulis:
surat niaga, cerpen, laporan, naskah drama
b.
Komunikasi nonverbal
1) Gerakan-gerakan
tubuh atau bahasa isyarat
2) Memakai
sesuatu seperti seragam
2.
Pengertian Lambang Komunikasi
Menurut
KBBI, lambang adalah sesuatu seperti tanda (lukisan, perkataan, lencana, dan
sebagainya). Menurut bahasa inggris, lambang adalah symbol, yang artinya
rumusan tanda pengenal yang tetap berupa perkataan, gambar atau tanda lainnya.
Kegunaan lambang:
a. Alat
untuk mempengaruhi komunikan
b. Alat
untuk menjadikan seseorang paham akan pesan yang disampaikan
c. Alat
untuk menjadikan pengertian terhadap pesan-pesan yang disampaikan
d. Alat
untuk menghubungkan komunikator dengan komunikan
e. Alat
untuk mencapai suatu tujuan komunikasi
Jenis-jenis
lambang:
a. Lambang
gerak: menggunakan gerakan anggota badan.
b. Lambang
suara: menggunakan pendengaran. Contoh: suara sirine, tv, lonceng, berteriak,
dll
c. Lambang
warna: lampu lalu lintas,
d. Lambang
gambar: rambu-rambu lalu lintas, iklan majalah, surat kabar
e. Lambang
bahasa: bahasa yang diucapkan. Contoh: nada lagu, irama, aksen
f. Lambang
huruf: huruf-huruf abjad, aksara jawa, dll
g. Lambang
angka: alat-alat hitung, kode telepon rumah
Franklin
Fearing membagi karakteristik ciri lambang komunikasi menjadi 3 macam:
1) Lambang
dibuat oleh manusia
2) Mempunyai
nilai komunikasi
B.
Proses
Komunikasi
1.
Unsur-unsur komunikasi
a. Komunikator:
orang yang menyampaikan pesan
b. Komunikan:
orang yang menerima ide, pesan, pernyataan, dll
c. Pesan:
ide atau keinginan dari komunikator yang didukung oleh lambang
d. Media:
sarana atau saluran yang menunjang pesan
e. Efek
atau feedback: pengaruh dari adanya pesan
f. Gangguan
atau noise: ganguan ketika berkomunikasi
2.
Efek yang timbul karena berkomunikasi
a. Efek kognitif:
menyebabkan komunikan menjadi lebih tahu
b. Efek
afektif: menyebabkan komunikan tergerak hatinya
c. Efek
behavioral: menyebabkan komunikan melakukan suatu tindakan
3.
Proses komunikasi
Komunikasi terjadi bila unsur-unsur komunikasi melakukan proses
komunikasi. Proses komunikasi adalah berlangsungnya komunikasi yang dilakukan
oleh komunikan dan komunikator. Dalam hal ini, komunikator menyampaikan pesan
atau keinginan kepada komunikan yang mempengaruhi komunikan sehingga komunikan
menyampaikan tanggapan atau feedback.
Proses
komunikasi terdapat dua macam, yaitu proses secara langsung dan proses
komunikasi bermedia
a. Proses
komunikasi secara langsung (tatap muka)
Ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara langsung sehingga
komunikator dapat melihat reaksi dari komunikan.
b. Proses
komunikasi bermedia
Ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara tidak
langsung karena mengunakan media untuk meneruskan suatu pesan kepada komunikan
yang jauh tempatnya atau banyak jumlah komunikannya. Berdasarkan jumlah
komunikannya dibagi menjadi dua macam:
Merupakan komunikasi dengan menggunakan sarana seperti tv, radio,
surat kabar, majalah, dll.
2) Komunikasi
bermedia nirmassa
Merupakan
komunikasi dengan menggunakan sarana seperti surat, telepon, facsimile,
telepon,dll.
C. Komunikasi Bisnis (Penjualan) di Tempat Kerja
Djoko Purwanto, dalam
bukunya yang berjudul Komunikasi Bisnis,
menjelaskan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam
dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal
maupun nonverbal.
Ada empat ketrampilan yang harus dimiliki
pelaku bisnis:
1 .
Membaca
2 .
Mendengarkan
3 .
Berbicara
4 .
menulis
DAFTAR PUSTAKA
Izin Share yak (y)
BalasHapus