Pages

Selasa, 29 April 2014

Materi 1 " Mengidentifikasi Proses Komunikasi"


Standar Kompetensi    : Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi

Kompetensi Dasar       :  Mngidentifikasi Proses Komunikasi

Indikator Pembelajaran: Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu

1.   Menjelaskan arti Komunikasi dan lambang Komunikasi

2.   Menjelaskan proses komunikasi

3.   Menjelaskan unsur-unsur komunikasi

4.   Menjelaskan komunikasi bisnis di tempat kerja
 


Komunikasi

 

 

BAB 1

MENGIDENTIFIKASI PROSES KOMUNIKASI

A.    Pengertian Komunikasi dan Lambang Komunikasi

1.      Pengertian Komunikasi
Manusia termasuk makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri atau makhluk yang selalu bermasyarakat. Sebagai makhluk social, manusia selalu melakukan hubungan kerja sama, belajar, berjualan, melihat, olahraga dan lain sebagainya. Setiap melakukan aktivitas tersebut manusia tentu berkomunikasi. Jadi, manusia selalu melakukan komunikasi dalam setiap aktivitasnya.
Apa yang dimaksud komunikasi itu sendiri?  Asal kata dari bahasa latin, communicatio yaitu sama makna. Maksudnya, komunikasi terjadi jika antara orang-orang yang terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yang disampaikan
1)      Menurut KBBI:
a)      Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami;hubungan;kontak
b)      perhubungan
2)      Prof. Drs. Onong Uchjana, M.A, adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik langsung secara lisan maupun tak langsung melalui media
3)      Wiliam C. Himstreet dan Wayne M. Batty (dalam buku Bussines Commnunications Principles and Method), adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu-individu melalui sistem biasa, baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Komunikasi ialah suatu proses pengiriman pesan atau symbol-symbol yang mengandung arti dari dari seorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu. Jadi, dalam komunikasi itu terdapat di dalamnya suatu proses, terdapat symbol-symbol, dan symbol itu mengandung arti. Arti atau makna symbol di sini tentu saja tergantung pada pemahaman dan persepsi komunikan. Oleh karena itu, komunikasi efektif akan tercapai apabila masing-masing pelaku yang terlibat didalamnya mempunyai persepsi yang sama terhadap symbol apabila terdapat perbedaan persepsi maka tujuan komunikasi tidak akan tercapai.
Komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan penjualan atau bisnis.
Komunikasi bisnis dibagi menjadi dua macam:
a.       Komunikasi verbal
Adalah salah satu cara berkomunikasi yang disampaikan kepada orang lain dalam bentuk tulisan dan lisan. Contoh:
1)      Mendengarkan: radio, televisi, orang berbicara langsung
2)      Berbicara: berdiskusi, berbincang-bincang dengan orang tua, berpidato
3)      Membaca: buku, majalah, surat kabar
4)      Menulis: surat niaga, cerpen, laporan, naskah drama

Contoh Komunikasi Verbal

b.      Komunikasi nonverbal
1)      Gerakan-gerakan tubuh atau bahasa isyarat
2)      Memakai sesuatu seperti seragam
                                            
                                                    
Contoh Komunikasi Non Verbal


2.      Pengertian Lambang Komunikasi
Menurut KBBI, lambang adalah sesuatu seperti tanda (lukisan, perkataan, lencana, dan sebagainya). Menurut bahasa inggris, lambang adalah symbol, yang artinya rumusan tanda pengenal yang tetap berupa perkataan, gambar atau tanda lainnya.
Kegunaan lambang:

a.       Alat untuk mempengaruhi komunikan
b.      Alat untuk menjadikan seseorang paham akan pesan yang disampaikan
c.       Alat untuk menjadikan pengertian terhadap pesan-pesan yang disampaikan
d.      Alat untuk menghubungkan komunikator dengan komunikan
e.       Alat untuk mencapai suatu tujuan komunikasi
Jenis-jenis lambang:
a.       Lambang gerak: menggunakan gerakan anggota badan.
b.      Lambang suara: menggunakan pendengaran. Contoh: suara sirine, tv, lonceng, berteriak, dll
c.       Lambang warna: lampu lalu lintas,
d.      Lambang gambar: rambu-rambu lalu lintas, iklan majalah, surat kabar
e.       Lambang bahasa: bahasa yang diucapkan. Contoh: nada lagu, irama, aksen
f.       Lambang huruf: huruf-huruf abjad, aksara jawa, dll
g.      Lambang angka: alat-alat hitung, kode telepon rumah
Franklin Fearing membagi karakteristik ciri lambang komunikasi menjadi 3 macam:
1)      Lambang dibuat oleh manusia
2)      Mempunyai nilai komunikasi
3)      Dipergunakan dengan maksud untuk mengadakan suatu situasi baru.

B.     Proses Komunikasi
1.      Unsur-unsur komunikasi
a.       Komunikator: orang yang menyampaikan pesan
b.      Komunikan: orang yang menerima ide, pesan, pernyataan, dll
c.       Pesan: ide atau keinginan dari komunikator yang didukung oleh lambang
d.      Media: sarana atau saluran yang menunjang pesan
e.       Efek atau feedback: pengaruh dari adanya pesan
f.       Gangguan atau noise: ganguan ketika berkomunikasi
2.      Efek yang timbul karena berkomunikasi
a.       Efek kognitif: menyebabkan komunikan menjadi lebih tahu
b.      Efek afektif: menyebabkan komunikan tergerak hatinya
c.       Efek behavioral: menyebabkan komunikan melakukan suatu tindakan
3.      Proses komunikasi
Komunikasi terjadi bila unsur-unsur komunikasi melakukan proses komunikasi. Proses komunikasi adalah berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan dan komunikator. Dalam hal ini, komunikator menyampaikan pesan atau keinginan kepada komunikan yang mempengaruhi komunikan sehingga komunikan menyampaikan tanggapan atau feedback.
 Proses komunikasi terdapat dua macam, yaitu proses secara langsung dan proses komunikasi bermedia
a.       Proses komunikasi secara langsung (tatap muka)
Ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara langsung sehingga komunikator dapat melihat reaksi dari komunikan.

b.      Proses komunikasi bermedia
Ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara tidak langsung karena mengunakan media untuk meneruskan suatu pesan kepada komunikan yang jauh tempatnya atau banyak jumlah komunikannya. Berdasarkan jumlah komunikannya dibagi menjadi dua macam:

1)      Komunikasi bermedia massa
Merupakan komunikasi dengan menggunakan sarana seperti tv, radio, surat kabar, majalah, dll.
2)      Komunikasi bermedia nirmassa
Merupakan komunikasi dengan menggunakan sarana seperti surat, telepon, facsimile, telepon,dll.

C.     Komunikasi Bisnis (Penjualan) di Tempat Kerja

Djoko Purwanto, dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Bisnis, menjelaskan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
Ada empat ketrampilan yang harus dimiliki pelaku bisnis:
1   .      Membaca
2   .      Mendengarkan
3   .      Berbicara
4   .      menulis

DAFTAR PUSTAKA

              Honiatri, Euis. 2010. Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi. Bandung: CV Armico


1 komentar: