Pages

Selasa, 29 April 2014

Materi 3 "Memilih Media Komunikasi"

Standar Kompetensi : Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi

Kompetensi Dasar     : Memilih media komunikasi

Indikator Pembelajaran: Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu

1. menjelaskan arti media komunikasi 

2.   Menjelaskan jenis-jenis media komunikasi

3.   Menjelaskan kelebihan dan kelemahan media komunikasi

jenis-jenis media komunikasi


BAB III
MEMILIH MEDIA KOMUNIKASI

A.    Pengertian Media Komunikasi dan Fungsinya

Peralatan atau media komunikasi pada saat ini sangat bermacam-macam. Oleh karena itu, ketika sesorang akan menggunkan media komunikasi, harus dengan memilih media komunikasi yang paling tepat digunakan, yang sesuai dengan situasi.  Media komunikasi adalah media yang dipakai dalam proses komunikasi untuk mencapai suatu tujuan.
Fungsi media komunikasi:
1.      Mempermudah penyampaian pesan/berita/warta/informasi
2.      Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi
3.      Mengefektifkan proses penyampaian pesan/berita/warta/informasi
4.      Sebagai alat untuk membangkitkan daya tarik pesan/berita/warta/informasi
5.      Mempermudah penyampaian informasi/berita/pesan dari komunikator
6.      Mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan/berita/warta/informasi
7.      Mengkongkretkan isi berita yabng sifatnya abstrak
8.      Memperjelas isi informasi yang disampaikan komunikator

B.     Jenis-Jenis Media Komunikasi

1.      Berdasarkan cara penggunaan atau sifatnya
a.       Audial (pendengaran): alat penyampaian pesan yang dapat ditangkap melalui saluran indra pendengaran. Contoh:  radio, tape recorder, telepon, dll



      Contoh Media Komunikasi Audial
    
b.      Visual (penglihatan): alat penyampaian pesan yang dapat ditangkap melalui saluran indra penglihatan. Contoh: surat, poster, OHP, dll

            


Contoh Media Komunikasi Visual
c.       Audio – visual (pendengaran dan penglihatan): alat penyampaian pesan yang dapat ditangkap melalui saluran indra pendengaran dan penglihatan. Contoh: TV, Video, film, sinetron, dll

Contoh Media Audio-Visual
2.      Berdasarkan sasarannya
a.       Nirmassa (sasaran tunggal): alat penyampaian pesan yang ditujukan kepada sasaran tunggal, kelompok dan massa. Contoh: telepon, surat, telegrapf, brosur, plakat, dll
   


Contoh Media Komunikasi Nirmassa
b.      Massa: alat penyampaian pesan yang hanya digunakan dalam komunikasi massa. Contoh: radio, televisi, film, surat kabar, majalah,

Contoh Media Komunikasi Massa

3.      Berdasarkan jenis-jenis media komunikasi yang digunakan sehari-hari
a.       Surat pribadi
 Media komunikasi visual dalam bentuk tulisan yang dipergunakan dalam komunikasi antarpersonal/individu.
b.      Telepon
Media komunikasi audial yang dipergunakan dalam komunikasin antarindividu yang banyak dipergunakan dalam lingkungan organisasi.
c.       Pertemuan (audio-visual)
Media komunikasi audio-visual dalam komunikasi kelompok yang bersifat langsung.
d.      Wawancara (audio-visual)
Berlangsung dengan tatap muka dua arah. Banyak dipakai dalam komunikasi vertikal.
e.       Kunjungan
Adalah jenis media komunikasi audio-visual dalam kelompok yang bersifat informal dan dilakukan oleh organisasi.
f.       Multimedia
Telekonferensi adalah konferensi yang diselenggarakan secara berjauhan dengan menggunakan alat multimedia.

C.    Keuntungan dan Kelemahan Penggunaan Media Komunikasi

Penggunaan media komunikasi memberikan keuntungan , disamping ada pula kelemahan-kelemahannya dari setiap jenis media yang dipergunakan. Adapun kelebihan serta kelemahan media komunikasi, adalah sebagai berikut:
1.      Media audio (pendengaran)
a.       Keuntungan:
-          Alatnya sangat sederhana
-          Mudah dibuat dan dipergunakan
-          Harganya relatif murah
-          Dapat membangkitkan fantasi pendengarnya
b.      Kelemahan:
-          Sulit dikontrol
-          Kualitas suara cenderung menurun
-          Apabila ada kesalahan, harus membuat naskah yang baru
-          Tidak dapat diperkenalkan hal-hal yang visual
2.      Media visual
a.       Keuntungan:
-          Menghemat tenaga
-          Menghemat waktu
-          Pembuatan dan penggunaanya lebih mudah
-          Biaya pembuatannya relatif murah
-          Informasi yang disampaikan lebih jelas
b.      Kelemahan:
-          Biasanya menimbulkan rasa bosan
-          Menimbulkan gangguan-gangguan yang tidak diinginkan
-          Perlu waktu yang cukup lama guna menafsirkan pengertiannya
3.      Media audio visual
a.       Keuntungan:
-          Tidak membosankan
-          Informasi lebih jelas dan cepat dimengerti
-          Informasi dapat diterima sesuai dengan kenyataan
-          Hasilnya dapat dimengerti yang sebenarnya
b.      Kelemahan:
-          Kejelasan suaranya kadang-kadang kurang
-          Memakan tempat yang luas
-          Biayanya relatif mahal
-          Perlu waktu di dalam persiapan


DAFTAR PUSTAKA
 Honiatri, Euis. 2010. Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi. Bandung: CV Armico 

0 komentar:

Posting Komentar