Pages

Selasa, 29 April 2014

Materi 2 "Menerima dan menyampaikan Informasi"



Standar Kompetensi  : Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi

Kompetensi Dasar     : Menerima dan menyampaikan informasi

Indikator Pembelajaran : Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu
1.   Menjelaskan Teknik Berkomunikasi
2.    Membedakan komunikasi verbal dan nonverbal yang sesuai
3.   Menerapkan komunikasi secara lisan



Komunikasi

BAB II
MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI

A.    Teknik komunikasi

a.       Komunikasi informatif, ialah teknik komunikasi dengan menyampaikan pesan secara berulang-ulang untuk memberikan informasi kepada komunikan.
  1. Komunikasi persuasive, ialah komunikasi yang dilakukan dengan cara halus dan membujuk komunikan persuasive.
  2. Komunikasi intruktif, ialah teknik komunikasi ini dicirikan dengan  pemberlakuan pemaksaan dan sanksi dari komunikator kepada komunikan
  3. Hubungan manusiawi, ialah teknik berkomunikasi yang memperhatikan nilai-nilai etis untuk menciptakan suasana atau iklim komunikasi yang manusiawi

A.    Penggunaan Bahasa Verbal dan Nonverbal Yang Sesuai

1.      Komunikasi Verbal
-          Verbal berarti lisan dan komunikasi verbal berarti komunikasi lisan
-          Dalam ilmu komunikasi, komunikasi verbal tidak hanya lisan, meliputi lisan dan tulisan
-          Bahasa diartikan sebagai lambang verbal
-          Jadi , komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan lambang bahasa sebagai media.
-          Komunikasi verbal merupakan proses penyampaian pikiran oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan bahasa secara lisan maupun tulisan

Contoh komunikasi verbal:
a.       Menyampaikan sesuatu atau pesan kepada seseorang disertai kata-kata lisan/tulisan
b.      Bertelepon kepada keluarga, teman, sahabat, rekan kerja
c.       Berbincang-bincang secara langsung
d.      Berdiskusi, berpidato, membacakan puisi di depan kelas
e.       Berdiskusi, rapat, meeting, dan seminar
f.       Membaca surat kabar, majalah, jurnal
g.      Mendengarkan radio, walkman
h.      Menonton televisi
i.        Menggunakan komputer, internet
Dalam kegiatan sehari-hari orang-orang melakukan kegiatan komunikasi sebagai berikut:
a.       Mendengarkan: 45%
b.      Berbicara: 30%
c.       Membaca: 16%
d.      Menulis: 9%
2.      Komunikasi Nonverbal
Beberapa pendapat ahli mengenai komunikasi nonverbal:
a.       Mc. Garry, komunikasi verbal terbagi dalam 3 kategori, yaitu komunikasi yang diungkapkan melalui pakaian dan setiap kategori lainnya (the objeck language), semua bentuk komunikasi yang digantikan dengan gerak (gesture) yang disebutkannya sebagai bahasa sinyal (sign language), dan komunikasi dengan tindakan atau gerakan tubuh (action language).
b.      Tubbs dan Carter
Beberapa contoh perilaku yang menunjukan komunikasi nonverbal berdasarkan kriteria di atas, yaitu:
a.       Menitikkan air mata sebagai tanda haru
b.      Menangis sebagai tanda kecewa, sedih, kesal, saking marahnya
c.       Menggertakkan geraham sebagai ungkapan rasa kesal yang ditahan
d.      Menghela nafas dalam-dalam sebagai ungkapan rasa kesal yang ditahan
e. Tersenyum, berjabat tangan, melambaikan tangan sebagai rasa senang, simpati dan penghargaan
f.       Membuang muka sebagai rasa tidak senang terhadap seseorang
g.      Menggelengkan kepala sebagai tanda tidak setuju
h.      Menganggukkan kepala sebagai tanda setuju
i.        Mengenakan baju warna hitam ketika ada orang yang meninggal
j.        Menggunakan baju warna cerah ketika pesta

B.     Menerapkan Komunikasi Secara Lisan 

1.      Komunikasi Kelompok



a.       Komunikasi individu dengan kelompok


2.      Kelompok dengan individu

3.      Kelompok dengan kelompok



Secara umumnya dapat dibagi menjadi 2 macam:
a.       Komunikasi kelompok formal
Ciri-ciri:
1)      Dilakukan dalam waktu dan tempat tertentu
2)      Ada prosedur tertentu
3)      Objek pembicaraanya tentang masalah organisasi
4)      Diwujudkan dalam bentuk tertulis
5)      Ada hierarki tertentu

Contoh Komunikasi Kelompok Formal

b.      Komunikasi kelompok nonformal
Ciri-ciri:
1)      Waktu dan tempat tidak menentu
2)      Tidak ada prosedur yang tentu
3)      Objek pembicaraannya tidak menentu
4)      Diwujudkan dalam bentuk tertulis atau lisan
5)      Tidak ada hierarki tertentu

Contoh Komunikasi Kelompok nonformal



4.      Diskusi
Adalah komunikasi kelompok dalam bentuk pertukaran pendapat mengenai sesuatu persoalan atau masalah dengan maksud untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap.
Menurut KBBI, diskusi adalah perundingan untuk bertukar pikiran (bahas membahas tentang suatu masalah)

Contoh Diskusi
5.      Rapat
Menurut Kamus Administrasi Perkantoran karangan Drs. The Liang Gie, adalah pertemuan antar anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menyelesaikan suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
Contoh Rapat


DAFTAR PUSTAKA

              Honiatri, Euis. 2010. Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi. Bandung: CV Armico
Aw, Suranto. 2005. Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.


0 komentar:

Posting Komentar